Puncak Aksi P5 Kewirausahaan

SMASGA_Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) Kelas 10 sudah memasuki tahap Puncak Aksi Tema Kewirausahaan dengan topik “Eksplor Sumber Daya Alam Tumbuhkan Jiwa Wirausaha”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter mandiri, kreatif dan inovatif serta membentuk jiwa wirausaha.
Dalam upaya pembentukan karakter tersebut Kamis, 25 Januari 2024 semua siswa kelas 10 membuat olahan makanan dan minuman berbahan dasar kopi, kentang, ubi, singkong, dan ketan yang nantinya harus dijual.

Setiap kelas yang dibimbing oleh masing-masing fasil membuat makanan dan minuman yang inovatif dan kreatif di kelas masing-masing. Setelah makanan dan minuman siap, dihidangkan kepada dewan juri di Aula yang untuk dilakukan penilaian. Ada 6 dewan Juri yang bertugas yakni Ibu Nurul Amanah, Ibu Kamilatul Badriyah, Ibu Muriyatiningsih, Bapak Dwi Septian Lesmono, Bapak Dimas Riskiyanto, dan Bapak Erdin Bangun Prabondo. Salah satu dewan juri yakni Ibu Muriyatiningsih menuturkan “Saya salut dengan kreativitas anak-anak yang mampu membuat makanan dan minuman inovatif berbahan dasar makanan khas daerah, salah satu yang saya suka adalah dimsum ayam kentang dan goguma jelly rasanya enak sekali”. Tidak hanya dinilai produknya saja, siswa-siswi juga langsung praktek memasarkan produknya, ada yang dijual secara langsung ada pula yang menjajakan produknya dengan menyebarkan brosur di sosial media mereka. Hasilnya banyak yang mendapatkan untung, walaupun ada juga yang belum mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga kedepannya mereka mampu mengasah jiwa wirausaha lebih baik lagi agar di kota tercinta Bondowoso semakin banyak wirausahawan muda sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *